pasang iklan

Friday 14 February 2014

Teknologi Fiber Optic (Teknologi Jaringan Kabel)

Selamat sore sobat blogger..
Sudah lama rasanya saya tidak membuka blog saya yang sederhana ini, mudah-mudahan sobat blogger masih tetap konsisten dalam berbagi ilmu dengan sesama. Amiin..
Baik di kesempatan kali ini untuk mengisi waktu kerja yang kosong saya ingin berbagi pengetahuan yang saya miliki mengenai teknologi Fiber Optic yang saat ini sudah sangat populer di kalangan perusahaan Telekomunikasi khususnya di Indonesia. 
Fiber Optic adalah media yang digunakan dalam teknologi Telekomunikasi berbasis kabel yang terbuat dari serat kaca yang sangat halus melebihi halusnya rambut kita.

Beberapa keunggulan dari Teknologi Fiber Optic adalah :

1. Data yang di transfer atau di kirim lebih terjamin kerahasiaannya dari orang-orang yang suka dengan hacking karena ketika data ditransfer melewati kabel fiber optic, data tersebut di ubah menjadi cahaya yang memantul hingga sampai di perangkat selanjutnya.
2. Proses Tranfer data lebih cepat di banding dengan kabel UTP dan Coaxial
3. Data yang dapat di transfer lebih besar hingga mencapai Tera bit per second (Tbps)
4. Tahan temperatur tinggi, Interferensi dan masih banyak kelebihan-kelebihan lainnya.

Kabel fiber optik terdiri dari tiga lapisan, 
- Pertama di sebut lapisan Core, lapisan ini adalah lapisan inti pada fiber optic terbuat dari serat kaca yang merupakan tranmisi tempat data di transfer. 
- Kedua disebut lapisan Cladding, lapisan ini berfungsi untuk mengembalikan pantulan cahaya kembali ke lapisan core. 
- Ketiga adalah lapisan Buffer Coating, lapisan ini berfungsi untuk melindungi core dari interferensi dan kelembapan udara.
- Keempat adalah lapisan Jacket, lapisan ini melindungi kerusakan dari fisik luar.


Saat ini kabel fiber optic masih banyak digunakan di perusahaan-perusahaan skala menengah ke atas, ini dikarenakan biaya yang cukup mahal untuk bisa menggunakan kabel ini. Untuk sementara demikian yang bisa saya sharing dilain kesempatan dan waktu akan menambah sharing selanjutnya, terimakasih.

0 komentar:

Post a Comment