pasang iklan

Friday 14 February 2014

Ciri-ciri orang Bertaqwa ( Al - Qur'an, Al-Baqarah ayat 3 )

Ass'alaikum Wr. Wb

Sobat blogger yang di rahmati Allah, pada kesempatan hari ini saya ingin berbagi ilmu mengenai ciri-ciri orang yang bertaqwa sesuai dengan Al-Qur'an surah al-Baqarah ayat 3.

Taqwa merupakan rasa takut kita sebagai hamba Allah yang kita tunjukkan dengan selalu melaksanakan apa yang di perintahkan dan menjauhi apa yang di larang dengan sebenar-benarnya. Banyak ayat al-qur'an yang menjelaskan mengenai ciri-ciri orang yang bertaqwa, diantaranya adalah surah al - baqarah ayat 3


Artinya : "Yaitu mereka yang beriman kepada yang Ghaib, Mendirikan Shalat dan Mengeluarkan sebahagian hartanya". (al-baqarah ayat : 3)


Dari ayat di atas dapat kita ketahui bahwa ciri-ciri orang yang bertaqwa itu diantaranya adalah :

- Beriman kepada yang Ghaib, Kita ketahui bersama bahwa yang dikatan ghaib itu adalah yang tidak bisa dilihat dengan kasat mata. Mengapa Allah mengatakan orang yang beriman kepada yang ghaib adalah ciri orang bertaqwa? simple sekali jawabannya, itu karena Allah adalah Ghaib maka siapa yang percaya dengan yang ghaib sudah tentu dia percaya akan adanya Allah SWT.

- Mendirikan Shalat, orang yang sudah percaya dengan yang ghaib sudah pasti dia akan mendirikan shalat karena dia tahu bahwa shalat itu merupakan perintah Allah yang Maha Ghaib.

- Mengeluarkan sebahagian Hartanya, Tidak semua orang yang memiliki harta mau dan mampu untuk mengeluarkan sebagian ataupun sedikit dari harta yang dia miliki untuk orang yang berhak meskipun ada perintah Allah yang demikian itu, karena manusia memang selalu lebih cinta kepada dunia dan lupa akhirat ketika dalam kesenangan, makanya Allah menetapkan salah satu ciri orang bertaqwa adalah mengeluarkan sebahagian rezeki yang dimilikinya di jalan Allah.

Demikian ciri orang bertaqwa yang ada di dalam al-qur'an surah al-baqarah ayat : 3, mudah-mudahan ada manfaatnya untuk kita semua dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT, amiin..

0 komentar:

Post a Comment