pasang iklan

Wednesday 19 February 2014

Rukun Wudhu - Berudhu yang benar menurut al-Qur'an surah al-Maidah ayat 5-6

Ass'alaikuum wr.wb
Sobat blogger yang insya Allah di rahmati oleh_NYA dimanapun berada. Pada kesempatan ini saya ingin berbagi mengenai rukun wudhu, karena walaupun kelihatan sepele tapi masih banyak kalangan kita yang keliru untuk mengetahui yang mana saja yang merupakan rukun dalam berwudhu. 

Wudhu menurut bahasa adalah bersih dan indah, tetapi menurut syariat islam adalah menggunakan air yang suci pada anggota wudhu dengan aturan tertentu untuk mensucikan diri dari hadas kecil.


Allah berfirman di dalam surah al-Maidah ayat : 5-6
















Artinya : " Hai orang-orang yang beriman apabila kamu hendak mengerjakan shalat maka basuhlah mukamu               dan tanganmu sampai siku, dan sapulah kepalamu dan basuhlah kakimu hingga mata kaki, al-ayah..               (QS Al-Maidah ayat 5-6)


Dari ayat diatas dapat disimpulkan bahwa rukun wudhu itu ada empat dan ditambahkan oleh para ulama dengan Niat dan Berurutan. Maka rukun wudhu itu sebagai berikut :

  • Niat
  • Membasuh muka atau wajah
  • Membasuh kedua tangan hingga siku
  • Menyapu kepala
  • Membasuh kaki hingga mata kaki
  • Tertib (berturut-turut)
Akan tetapi masih banyak orang yang mengatakan bahwa membasuh kuping itu adalah salah satu dari rukun wudhu padahal bukan, ini terjadi ketika saya masih seorang mahasiswa yang ketikaitu menjabat sebagai panitia ospek mahasiswa/i baru dan pada suatu kesempatan saya bertanya mengenai rukun wudhu, hasilnya rata-rata mengatan membasuh kuping itu adalah rukun wudhu.

Sebenarnya kita sangat prihatin dengan kondisi seperti ini karena berwudhu merupakan mensucikan diri dari hadas kecil sebelum melakasanakan kewajiban kepada Allah yang syarat sah nya adalah suci dari hadas kecil dan besar yaitu shalat. Mari belajar hal-hal yang masih kurang paham yang dianggap enteng saat sekarang ini, mudah-mudahan postingan saya ini bermanfaat untuk kita semua, amii..

Ass'alaikum wr.wb

0 komentar:

Post a Comment