pasang iklan

Thursday 27 June 2013

Menggabungkan/Agregasi Dua atau lebih Port di Switch Cisco

Halo sobat blogger,,


Sambil mengulang ilmu yang baru saya pelajari, kali ini saya akan berbagi mengenai cara melakukan Port Agregasi pada Switch Cisco. Fungsi dari port agregasi ini adalah untuk menambah kemampuan port switch dalam melewatkan traffic bandwidth yang lebih besar apabila tidak memungkinkan untuk membeli Switch dengan Port Gibabyte.

Logika penambahannya seperti matematika yang mana Port Switch cisco yang biasa memiliki kemampuan melewatkan traffic 100 Mbps secara normalnya. Maka jika sobat membutuhkan 200 Mbps, sobat cukup melakukan agregasi dua port saja. 

Cara mengkonfigurasinya sebagai berikut :
Pertama pasang dua buah Switch 2950-24, kemudian hubungkan menggunakan kabel Cross-Over. Kira-kira seperti gambar berikut : 



Sebelum kita mengkonfigurasi port agregasi, maka salah satu port akan menjadi link backup dengan tanda lampu berwarna orange. Masuk ke Switch0 lakukan konfigurasi seperti berikut :


Lakukan seperti di atas untuk setiap port yang akan di agregasi. Untuk hostname bedakan antar Switch dan yang lainnya harus sama agar bisa di agregasi. Setelah perintah di atas sobat lakukan secara benar pada setiap port yang akan di agregasi, tunggu beberapa saat maka hasilnya akan seperti berikut :


Demikian cara menggabungkan atau meng-agregasikan port di Switch cisco, mudah-mudahan ada manfaatnya untuk kita.

Salam blogger



0 komentar:

Post a Comment