pasang iklan

Thursday 27 June 2013

Konfigurasi dasar Router CISCO di Packet Tracer

Halo sobat,, 
Sudah lama saya tidak menulis di blogger yang sederhana ini. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit mengenai Router CISCO. Router CISCO biasanya di gunakan di perusahaan skala besar karena memang harganya yang cukup mahal tapi memang sebanding dengan kualitas yang di tawarkan. Baiklah berikut sedikit konfigurasi dasar di router cisco yang saya lakukan di Virtualisasi Packet Tracer.

Buka packet tracer sobat, dan tambahkan satu router 2811, lalu klik maka akan keluar tampilan seperti ini :


Ketik no dan enter, maka sobat sudah berada di dalam router. Berikut beberapa konfigurasi dasar yang bisa sobat lakukan :

1. Merubah nama router

Caranya : 
- Ketik enable (enter), kemudian
- ketik configure terminal (enter), lalu 
- ketik hostname akhir (enter), maka nama router sobat akan berubah seperti berikut :


kata akhir adalah nama router yang saya inginkan,sobat bisa menggantinya dengan nama yang sobat inginkan.

2. Memberikan password

Masih berada pada konfigurasi seperti di atas, kemudian ketik perintah enable password uddin kemudian enter seperti gambar berikut :


kata uddin juga adalah password yang saya inginkan, sobat bisa menggantinya dengan password yang sobat inginkan. Kemudian ketik end (enter) kemudian exit (enter). Untuk mencoba password yang sudah kita buat maka ketik perintah seperti di awal tadi, kira-kira seperti gambar berikut ini :


Jangan heran jika ketika mengetik password hurup yang sobat ketik tidak kelihatan, memang seperti itu dari sononya dan setelah sobat ketik jangan lupa tekan enter

Itu dulu untuk sementara yang bisa saya tuliskan mudah-mudahan ada manfaat untuk kita terutama yang masih baru ingin belajar router cisco, mudah-mudahan selanjutnya akan ada tulisan-tulisan yang lebih ajeb lagi mengenai konfigurasi router cisco.

Salam blogger


0 komentar:

Post a Comment