pasang iklan

Sunday 16 December 2012

Rukun Iman dan Rukun Islam

Ass'alkum wr. wb Sobat Blogger semuanya.
Di jaman yang serba canggih begini, banyak kalangan kaum muslimin dan muslimat khusunya kalangan remaja/i tidak mengetahui susunan atau urutan dari rukun iman dan juga rukun islam di karenakan memang saat ini pendidikan agama itu sudah di nomor terakhirkan di dunia pendidikan umum/ sekolah padahal kedua rukun ini merupakan salah satu dasar pondasi aqidah seorang manusia yang mengaku beriman kepada Allah SWT, tapi kalau tidak tahu rukun ke imanan yang diakuinya, berabedah jadinya. 
Dari itu pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai rukun iman dan rukun islam, langsung saja ke TKP (hehehehee..)

1. Rukun Iman
Pengertian rukun sangat luas, pada kesempatan ini rukun saya artikan sebagai sesuatu yang wajib sedangkan iman adalah percaya atau yakin. Jadi rukun iman adalah sesuatu yang wajib kita percayai dan yakini. Adapun butir-butir dari rukun iman yaitu :
 
* Iman Kepada Allah SWT
* Iman Kepada Malaikat
* Iman Kepada Kitab
* Iman Kepada Nabi dan Rasul
* Iman Kepada Hari Kiamat
* Iman Kepada Qada dan Qadar

2. Rukum Islam
Rukun Islam adalah butir-butir yang harus kita laksanakan apabila kita mengaku sebagai seorang yang beragama islam agar ke islaman kita bisa di katakan sempurna. Adapun butir-butir rukun islam yaitu :


* Mengucap Dua Kalimat Syahadat (Syahadatain)
* Mendirikan Shalat Lima Waktu Sehari Semalam
* Mengeluarkan Zakat
* Puasa pada Bulan Ramadhan
* Haji bagi yang mampu

Itulah sedikit mengenai rukun iman dan rukun islam, mudah-mudahan di era yang semakin canggih ini kita tidak sampai untuk kehilangan pondasi dari keyakinan yang kita miliki. Karena alangkah lucunya apabila kita mengaku beriman tapi kita tidak tahu apa-apa saja yang harus dilakukan oleh seorang yang beriman. Mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua..


0 komentar:

Post a Comment