pasang iklan

Friday 21 February 2014

Standar Susunan kabel UTP/STP

Sering sekali kita menghadapi masalah pada saat krimping kabel utp/stp yang sehari-harinya sering terlihat sepele. Memang diantara sebagian besar kita jika warna di ujung yang satu sudah sama dengan ujung yang lainnya sudah dianggap benar, padahal itu bisa mengakibatkan masalah yang rumit di kemudian hari ketika ada trouble.

Pada kesempatan ini saya akan share mengenai standar susunan kabel utp/stp agar dalam membangun sebuah jaringan yang kompleks dan besar dapat membarikan hasil yang baik untuk pelanggan/ user. Dalam hal ini kita mengikuti standar yang dikeluarkan oleh TIA/EIA.
TIA merupakan kependekan dari Telecomunication Industry Association yang merupakan sebuah organisasi terpisah yang diakui oleh American National Standart Institute (ANSI) dan bekerja sama dengan Asosiasi Industri Elektronika (EIA)Standar susunan kabel untuk jenis pengkabelan Straigth yang dikeluarkan oleh TIA terbagi menjadi dua yaitu standar TIA 568A dan TIA-568B

Susunan kabel dengan standar TIA-568A
  1. Putih Hijau  
  2. Hijau
  3. Putih Orange
  4. Biru
  5. Putih Biru
  6. Orange
  7. Putih Coklat
  8. Coklat
Susunan kabel dengan standar TIA-568B
  1. Putih Orange
  2. Orange
  3. Putih Hijau
  4. Biru
  5. Putih Biru
  6. Hijau
  7. Putih Coklat
  8. Coklat

Itulah standar susunan kabel untuk jenis pengkabelan secara straigth yang di keluarkan oleh TIA/EIA. Dari kedua standar susunan tersebut yang paling populer dan sering digunakan adalah standar TIA-568B. Demikian mudah-mudahan bermanfaat bagi kita.

1 komentar: