pasang iklan

Friday 1 February 2013

Berbakti Kepada kedua Orang Tua (Birrul Walidain)

Ass'alaikum wr.wb
Sobat blogger yang insya Allah dirahmati oleh Allah, orang tua kita adalah orang eprtama yang harus kita patuhi dan ta'ati di dunia ini. Allah SWT dmenciptakan kita ke dunia ini melalui kedua orang tua kita. Didalam Al-Qur'an Allah SWT berfirman pada surat al-Isra' ayat 23-24
Artinya :
Dan Rabb-mu telah memerintahkan, supaya kalian jangan beribadah melainkan hanya kepadaNya, dan hendaklah kalian berbuat baik kepada kedua orang tua dengan sebaik-baiknya. Dan jika salah satu dari keduanya atau kedua-duanya telah berusia lanjut di sisimu (dalam pemeliharaanmu), maka janganlah katakan kepada keduanya “ah” dan janganlah kamu membentak keduanya. Dan katakanlah kepada keduanya perkataan yang mulia. Dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih-sayang. Dan katakanlah: “Wahai Rabb-ku, sayangilah keduanya, sebagaimana keduanya menyayangiku sewaktu kecil”.
(QS al Isra`/17 : 23-24)



Dalam ayat diatas jelas sekali bahwa Allah SWT menyuruh kita untuk beribadah dan menyembah hanya kepadanya dan untuk berbuat baik kepada ibu bapak kita, bahkan untuk mengatakan "AH" saja kita sudah tidak boleh apalagi melebihi dari itu. Akan tetapi kalau kita perhatikan saat ini, banyak sekali dari kita sebagai anak yang selalu membantah perintah dari orang tua kita padahal apa yang di perintahkan itu adalah untuk kebaikan kita sendiri bahkan ada juga yang ngeyel dan membantah ketika di perintahkan orangtua untuk beribadah kepada Allah SWT, Na'udzu billahi min Dzalik.
Ada beberapa alasan yang menyebabkan kita untuk berbakti kepada kedua orangtua, yaitu :
1. Ridhanya Allah terletak pada ridhanya kedua orangtua
Rasulullah SAW bersabda yang artinya :
"Ridha Allah berada di dalam ridhanya kedua orangtua dan Murkanya Allah juga berada didalam murkanya kedua orangtua" (HR. Bukhari, Ibnu Hibban, Tirmidzi dan Hakim)

2. Merupakan amalan paling utama
Diriwayatkan seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah tentang amalan paling utama dan di cintai Allah, maka Rasulullah SAW menjawab "Pertama Shalat pada waktunya, Kedua Berbakti kepada kedua orangtua dan ketiga Berjihad di jalan Allah (HR. Bukhari dan Muslim)

3. Sama dengan berjihad di jalan Allah SWT
Hal ini sesuai dengan kisah seorang sahabat yang ingin ikut serta dalam berjihad, maka rasul bertanya pada sahabat itu "Apakah engkau masih memiliki kedua orangtua? dan sahabat itu menjawab masih maka rasulullah melanjutkan maka berjihadlah kepadanya dengan berbuat baik"

Mudah-mudahan di jaman yang semakin menipis akhlaq dan tauhid saat ini kita masih tetap bisa untuk menjadi seorang anak yang tetap berbakti kepada kedua orangtua kita, Amiin ya rabbal'alamin

0 komentar:

Post a Comment